ABOUT GETMATH

Website GetMath dikembangkan oleh tim Pusat Riset dan Pengembangan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PRP-PMRI) Universitas Syiah Kuala pada tahun 2022. Pengembangan website GetMath dibantu oleh PT. Global Tekno IDE dan dapat diakses melalui link https://getmath.id/. Sistem website GetMath terdiri dari 4 level yaitu super admin, admin, guru, dan siswa. Siswa dapat mendaftar atau didaftarkan menggunakan akun email, sedangkan guru hanya bisa didaftarkan atau ditetapkan oleh super admin. Website GetMath juga menyediakan fitur lupa password, yang secara otomatis mengirim kode verifikasi ke email dan selanjutnya mengirim password baru.

Website GetMath yang dikembangkan memuat e-modul, sumber belajar digital, soal tes diagnostik, dan program remedial. Program remedial pada website GetMath terdiri dari soal tes, materi, dan video pembelajaran. Materi dapat dibuat oleh admin maupun super admin dengan menentukan jumlah soal yang akan diinput. Selain itu, soal dalam bank soal yang diinput dapat dilihat, diubah, dan dihapus, namun tidak akan mempengaruhi paket soal yang telah digunakan atau soal aktif sebelumnya. Website GetMath  memiliki beberapa metode input soal yang dapat dilakukan baik input teks, gambar, latex, maupun menyalin dari microsoft word guna untuk memudahkan dalam proses penginputan soal. Selain itu, pilihan jawaban juga dapat ditentukan skor untuk setiap pilihan atau option.

Pada website GetMath juga terdapat sesi tes sebagai laman dimana super admin, admin atau guru dapat membuat paket soal yang siap untuk diakses oleh siswa, serta dapat dinonaktifkan bahkan dihapus jika dirasa tidak diperlukan lagi. Namun, jika sesi tes dihapus maka rekaman skor siswa yang telah menggikuti tes tersebut juga akan ikut terhapus. Rekap nilai pada website GetMath menampilkan nilai yang dikelompokkan berdasarkan kategori tes yang telah diikuti siswa. Selanjutnya dapat dilihat hasil tes sesuai kategori yang dipilih. Rekap nilai siswa dapat dicetak atau di ekspor pada file excel yang berupa list rekapan data siswa.

Siswa dapat mengikuti tes pada website GetMath jika siswa tersebut mengetahui pin sesi dari paket yang telah ditetapkan oleh admin. Saat memilih paket soal dan sebelum soal ditampilkan, siswa akan diberikan informasi terkait paket soal tersebut dan beberapa informasi penting lainnya serta himbauan sebelum memulai tes. Siswa dapat menjawab soal seperti pada ujian berbasis CBT (Computer Based Test) pada umumnya. Sistem memaksa siswa untuk senantiasa berada pada layar penuh, agar perhatian siswa dapat lebih fokus pada paket soal yang disajikan. Jika hendak mengahiri tes maka akan ada peringatan untuk menghindari kesalahan dalam proses ini. Jika telah mengakhiri tes baik dikarenakan kehabisan waktu maupun menekan tombol akhiri, hasil tes akan ditampilkan dalam tampilan berikut yang menampilkan seluruh hasil tes terbaru dan yang telah lalu untuk menjadi tolak ukur tingkat keberhasilan siswa jika siswa tersebut diizinkan mengikuti tes untuk paket soal yang sama lebih dari satu kali. Selain itu, pembahasan juga dapat ditampilkan jika diperlukan atau tidak ditampilkan (sesuai kebutuhan atau peruntukannya), demikian juga dengan statistik hasil tes.

Website GetMath yang dikembangkan  memuat soal, video pembelajaran, dan penjelasan materi. Website ini sesuai dengan pembelajaran berdiferensiasi karena video pembelajaran disediakan sesuai dengan kebutuhan siswa. Pada website GetMath ini, apabila siswa salah dalam menjawab soal, maka penjelasan materi akan muncul dalam bentuk video dan teks, dan apabila siswa benar dalam menjawab soal maka akan dilanjutkan ke soal berikutnya. Website GetMath memuat materi bilangan bulat, pecahan, aljabar, persamaan dan pertidaksamaan linear satu variabel, dan penalaran spasial siswa SMP. Program remedial pada website GetMath ini sudah divalidasi oleh ahli dan diujicobakan kepada siswa SMP di Banda Aceh. Hasil ujicoba menunjukkan bahwa program remedial memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif mengatasi learning loss siswa.